Sebuah survei yang dilakukan oleh DHL menemukan bahwa konsumen menghargai kontrol dan fleksibilitas

Tren belanja online yang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat bisa mendorong pertumbuhan industri logistik. Hal ini membuat agen jasa ekspedisi menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Peluang ini ditangkap oleh Husaini Basri yang memutuskan menjadi mitra agen salah satu jasa ekspedisi di wilayah Depok.

“Setelah pensiun pada 2017, saya mencoba mempertimbangkan beberapa alternatif bisnis. Setelah berdiskusi dan mencari masukan, akhirnya memutuskan untuk membuka agen jasa ekspedisi. Menurut saya, bisnis ini minim risiko, tidak seperti membuka rumah makan misalnya yang membutuhkan modal untuk bahan baku dan berpotensi basi apabila belum terjual atau tidak terpakai,” ujar Husaini dikutip, Rabu (6/12/2023).

Dia melihat kebutuhan jasa pengiriman terus ada seiring dengan banyaknya pebisnis online yang bermunculan, tanpa terkecuali di wilayah Depok. Ia juga menilai agen jasa ekspedisi adalah salah satu bisnis dengan perputaran uang yang cepat.

“Jasa ekspedisi ini dari sisi infrastruktur karena memiliki akses langsung terhadap penerbangan Lion Group, yang memiliki jangkauan layanan yang luas, dengan armada penerbangan sendiri. Inilah yang membuat Lion Parcel mampu menawarkan harga yang bersaing,” tambah Husaini.

Husaini bahkan terjun ke lapangan untuk mencari pelanggan melalui door-to-door marketing dan mengunjungi para produsen yang menjalankan bisnis online di wilayah Depok untuk menawarkan jasa kirim pengiriman barang.

“Dulu awal-awal saya yang input, pick up, dan antar barangnya sendiri. Selain karena memang untuk mempelajari dan memahami lebih dalam mengenai alur pengiriman, saya juga senang karena bisa kenal pelanggan secara personal satu per satu. Kedekatan personal ini yang membuat mereka percaya pada layanan kami,” kata Husaini.
Kini, dia memiliki banyak pelanggan tetap yang menggunakan jasa pengirimannya. Di samping membuatnya dirinya tetap produktif di masa pensiun, Husaini juga bahagia, karena bisnisnya turut membantu para pebisnis online khususnya UMKM untuk melayani masyarakat dengan paripurna, melalui layanan pengiriman yang ditekuninya.

Di samping itu, Head of National Point of Sales (NPOS) Lion Parcel Cipto Laksono mengatakan bahwa mitra agen memiliki peran penting dalam pertumbuhan bisnis perusahaan.

“Pertumbuhan bisnis tidak terlepas dari peran penting para mitra agen. Bertumbuh bersama para mitra agen adalah salah satu misi perusahaan sehingga kami memposisikan agen sebagai partner agar dapat saling memberi masukan untuk pertumbuhan bisnis bersama,” ujar Cipto.

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2023/12/06/455/2934081/tren-belanja-online-intip-peluang-bisnis-jasa-pengiriman-barang?page=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *