Sejarah Industri Kurir

Jasa pengiriman barang kini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Apalagi, di tengah masa pandemi wabah virus COVID-19. Sulitnya orang untuk bepergian karena diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB membuat mereka memilih untuk mengirimkan bingkisan pada keluarga dan kerabat. Ya, dengan adanya PSBB, bukan bearti silaturahmi terhenti.

Karena salah satu alasan ini, tidak sedikit perusahaan yang berlomba-lomba untuk menyediakan fasilitas pengiriman barang dengan memprioritaskan keamanan dan kecepatan. Nah, jika kamu khawatir barang tidak sampai di tempat dengan selamat, kamu harus tahu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mengirim barang untuk sanak famili, terutama untuk mereka yang jauh di luar Pulau Jawa, seperti Papua.

Seperti diketahui, Papua menjadi salah satu wilayah yang sering menjadi tujuan pengiriman barang. Namun sebelum Anda menggunakan jasa pengiriman barang, ada baiknya, Anda mengetahui beberapa hal penting ketika hendak mengirim barang ke tempat yang jauh. Berikut informasinya:

1. Barang Apa yang Akan Dikirim

Hal penting dan pertama yang perlu Anda ketahui yaitu jenis barang. Dengan mengetahuinya, semua pelanggan dapat memperhatikan apa saja kemungkinan resiko selama pengiriman seperti rawan pecah, mengalami kebusukan atau mungkin kerusakan lainnya.

Apabila Anda mengetahui kemungkinan kerusakan apa saja yang dapat terjadi, maka selanjutnya bisa memperkirakan penanganan tepat untuk barang tersebut. Bahkan sebelum sampai ke petugas pun, sudah dapat menanganinya dengan betul.

2. Kondisi Packing serta Pengepakan

Dengan memperhatikan jumlah serta jenis barang yang akan dikirimkan, maka penanganan dalam pengemasan juga ikut beragam. Misalnya untuk benda pecah belah harus di-packing menggunakan bantuan kayu dan busa agar menghindari mengalami kerusakan selama pengiriman.

Selain itu, untuk pengiriman barang cair baik di dalam jerigen, kaleng, botol ataupun lainnya perlu dibungkus lagi menggunakan kayu agar menghindarkan dari kebocoran. Sebagai pelanggan, Anda harus mengetahuinya supaya menjamin keamanan hingga sampai ke tujuan.

3. Berat dan Dimensi Barang

Berikutnya, Anda perlu memperhatikan mengenai berat serta dimensi (panjang, lebar dan tinggi). Hal ini nantinya akan mempengaruhi biaya pengiriman ataupun tarif untuk pengemasan. Biasanya barang bervolume lebih besar tentu membutuhkan pengepakan dengan ukuran sama.

4. Tujuan Pengiriman Barang

Hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan ialah tujuan pengiriman barang harus dengan jelas agar tidak salah tujuan. Nantinya setiap pelanggan bisa memastikan apakah sudah sampai atau masih dalam area pengantaran.

5. Tempat Pengambilan Barang

Apabila barang yang akan dikirimkan perlu diambil oleh pihak jasa ekspedisi, maka memerlukan biaya tambahan. Setiap pelanggan perlu menginformasikan alamat dari kantor, gudang ataupun rummah agar bisa dilakukan penjemputan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *