Dalam toko online hal yang penting adalah pengiriman barang, karena barang bisa datang kepada pembeli harus diantar dengan perjanjian yang dibuat oleh konsumen, baik COD ataupun jasa kurir. Bila usaha toko online (online shop) kita sudah sangat besar, maka kita harus memiliki jasa kurir kita sendiri yang bisa mengantarkan barang kita sampa kepada konsumen, hal ini dilakukan oleh toko online shop Bhinneka.com yang mempunyai hampir 40 armada pengiriman barang.
Apabila kita sedang merintis usah pasti kita harus mempercayakan pengiriman barang pada jasa ekspedisi ataupun jasa kurir. Di Indonesia sudah banyak yang menyediaka jasa pengiriman barang contohnya : Barka Sarana Tama, JNE, Pos Indonesia dan juga Tiki. Sebenarnya masih banyak lagi jasa ekkpedisi yang bisa kita pakai, tapi keempat penyedia jasa tersebut adalah jasa yang paling sering dipakai.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar barang yang kita kirim sampai dengan selamat kepada konsumen. Dibawah ini adalah bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang :
1. Area Pelayanan ( Services Area )
Kita sebagai konsumen harus mengetahui jangkauan area dari jasa ekpedisi yang kita pakai, apakah mereka bisa menjangkau seluruh daerah yang ada di Indonesia atau tidak. Karena orang yang bertransaksi dalam usaha atau bisnis online bisa saja berasal dari daerah yang belum pernah kita dengar.
Selain itu, kita harus tahu apakah jasa layanan yang kita gunakan menyediakan atau meng-cover untuk jasa pengiriman keluar negeri, karena bukan hal yang mustahil apabila ada yang memesan barang kita dari luar negeri.
2. Penangan Barang ( Handling Barang )
Penangan barang yang dilakuan oleh penyedia jasa layanan perlu dipertimbangkan, karena kita tidak mau barang yang kita jual mengalami kerusakan ketika tiba di tempat pembeli. Penyedia jasa yang baik harus mengetahui barang apa yang akan dikirim, jadi mereka tidak asal banting ataupun lempar untuk menghindari kerusakan pada barang.
Tetapi kadang juga terjadi kerusakan pada pembungkus paket yang dikirim, jadi kita harus memperhatikan keamanan barang yang ingin kita kirim dengan pengepakan yang maksimal, hal ini mencegah dari hal – hal yang bisa merusak barang kiriman kita saat ditangani oleh pihak ekspedisi.
3. Lamannya Pengiriman (Waktu Pengiriman)
Lamanya pengiriman barang dapat menjadi bahan pertimbangan ketika memilih jasa pengiriman, karena beda jasa layanan beda juga lamanya pengiriman. Namun kebanyakan setiap jasa memiliki jenis paket pengiriman.
4. Tarif/Harga
Setiap penyedia layangan pengiriman barang memasang tarif yang berbeda tergantung pada pelayanan yang akan dipilih. Tetapi, kebanyakan setiap playanan harganya tidak sangat berbada dari layanan sejenis yang ditawarkan oleh jasa pengiriman lainnya.
Jadi masalah harga bisa dibicarakan kepada pembeli, mau menggunakan yang mahal atau yang murah.
5. Layanan Pelanggan ( Customer Services )
Kita harus melihat apakan pelayanan pelanggan jasa pengiriman yang akan kita pakai selalu buka 24 jam, karena bisa saja pembeli kita complain pada saat tengah malam jadi kita harus memilih jasa pengiriman yang pelayanan pelanggannya selalu siap melayani ketika kita mencari info status tentang barang kiriman kita.
Jasa pengiriman ini sangat penting bagi kita, karena kita mempercayakan barang yang kita kirim kepada mereka, jadi pilih sebaik mungkin agar para pelanggan tidak kecewan dan pastikan kita tahu pelanggan kita mau diantar barangnya mengunggakan jasa ekspedisi atau kurir yang mereka inginkan.