Pada tahun 2045 pemerintah yakin bahwa melalui Kementrian Perhubungan , Indonesia menjadi sebuah Negara maju dengan pendapatan perkapita yang bisa mencapai US$44.
Sugihardjo, Staf Khusus Bidang Logistik Kemenhub, menyampaikan bahwan agar dapat mencapai hal tersebut maka perlu adanya dorongan peran transportasi dan perhubungan. Ia menjelaskan bahwa waktu ia di Jepang, untuk kelas menengah dengan jumlah 45,2 juta, pendapatan perkapita diatas US$ 20 ribu. Namun terdapat kesenjangan sebesar 19,2 persen.
Pendapat yang diutarakannya untuk menutup kesenjangan tersebut adalah dengan memperluas akses perhubungan. Cara yang bisa di tempuh yang dengan meningkatkan fungsi transportasi menjadi sebuah layanan yang dapat merintis ke daerah perbatasan wilayah Indonesia.
Bukan hanya jalur ke perbatasan saja, pembenahan di bidang transportasi mesti dilaksanakan di ruang perkotaan. Berdasarkan survey dari Bank Dunia, biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat pada umumnya 12-14 persen. Sementara di Indonesia bisa mencapai 30 persen.
Oleh sebab itu, ia akan memprioritaskan hal-hal yang dapat mendukung infrastruktur yang akan membantu meningkatkan kondisi perekonomian di tanah air. Dia menjelaskan bahwa seluruh pembangunan infrastruktur oleh APBN APBD hanya sebesar 30 persen. Sementara sisanya BUMN, swasta, dan asing.

One Thought on “RI Menjadi Negara Maju Dengan Sistem Tranportasi Yang Baik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *