Penipuan Pengiriman Barang dari Luar Negeri

Penipuan melalui modus pengiriman duit atau barang, hadiah, hibah, maupun warisan dari luar negara semakin merajalela belakangan ini dan menjerat banyak korban. Umumnya, calon korban dijebak melalui perkenalan online atau email spam yang dikirim oleh para penipu online. Faudzi Ahmad dari Sektor Penyuluhan & Pelayanan Berita Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta menyatakan bahwa banyak korban yang mendatangi kantor Bea Cukai dengan pertanyaan terkait paket yang katanya terhenti oleh Bea Cukai. Dari dokumen yang diberikan oleh para korban, terungkap bahwa mereka tertipu oleh sindikat yang meminta mereka mengirim uang ke rekening tertentu agar paket mereka dapat dikirimkan ke alamat yang dimaksud. Menurut pihak Bea Cukai, semua pembayaran terkait pajak atau bea masuk barang kiriman harus dilakukan melalui bank pemerintah, langsung ke nomor rekening atas nama Bendaharawan Kantor Bea Cukai, bukan ke rekening perorangan. Pada akhir bulan Mei 2013, pihak kepolisian berhasil menangkap setidaknya empat orang yang beroperasi di Bandara Soekarno Hatta. Mereka menjanjikan kepada korban untuk memproses pengambilan dan pengiriman barang impor ke lokasi yang dimaksud dengan meminta upah, namun barang tersebut tidak pernah dikirimkan," ujar Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kejahatan Umum Polda Metro Jaya, AKBP Helmy Santika, dalam sebuah konferensi pers di Polda Metro Jaya, seperti dilaporkan oleh KOMPAS. Barang tidak dikirimkan karena sebenarnya paket tersebut tidak pernah ada atau hanya merupakan paket fiktif. Oleh karena itu, masyarakat perlu waspada dan mengenali modus penipuan ini sebelum terjebak lebih dalam. Berikut adalah beberapa tanda-tanda penipuan pengiriman barang yang perlu diperhatikan:
  1. Penerima barang menerima pemberitahuan mengenai kiriman barang melalui email spam, Facebook, atau media sosial lainnya, dari orang atau pihak yang tidak dikenal atau baru dikenal secara online.
  2. Pemberitahuan tersebut disertai dengan surat atau bukti pengiriman yang sangat meyakinkan, terkadang menggunakan nama-nama institusi ternama yang biasanya tidak terdaftar di Indonesia.
  3. Pengirim dan penerima barang umumnya berinteraksi melalui internet, terutama dalam kasus penipuan kencan online.
  4. Penerima barang diminta untuk mengirim biaya pengiriman atau pajak/bea masuk ke rekening pribadi, biasanya atas nama perempuan.
  5. Penerima barang diberi batas waktu singkat untuk mentransfer uang, dengan berbagai alasan atau ancaman.
  6. Jika uang telah ditransfer, barang kiriman tidak pernah dikirimkan atau penerima barang diminta untuk mentransfer uang lagi dengan alasan lain.
Apabila terjadi situasi seperti ini, Bea Cukai menegaskan untuk segera menyadari bahwa mungkin sedang terjadi penipuan. Masyarakat perlu berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa kebenaran kiriman barang dari luar negara:
  1. Hubungi kantor pos atau perusahaan ekspedisi yang tertera dalam dokumen untuk memeriksa keberadaan kiriman.
  2. Pastikan untuk tidak langsung menghubungi nomor yang tertera dalam dokumen, tetapi cari nama perusahaan tersebut secara online dan hubungi nomor resmi yang tercantum.
  3. Jika ingin menanyakan ke kantor Bea Cukai, pastikan untuk mengetahui nomor dan tanggal Air Waybill, nama pengirim dan penerima, nama pesawat, dan nomor penerbangannya agar dapat dilakukan pengecekan langsung.
Jika telah tertipu dan mengirimkan uang, segera hubungi pihak berwajib untuk melacak keberadaan tersangka secepat mungkin.

57 thoughts on “Penipuan Pengiriman Barang dari Luar Negeri”

  1. saya hampir kena,,,alhamdullh,,ALLAH MASIH MELINDUNGI,,

    • Laura anastacia Maret 15, 2016

      Sama, sy jg hampir kena, dia inbox di fb saya. Namanya john haskey baleme, brigadir jendral dari AS. Tapi almt emailnya asal2an… Bisa dicek nama tsb di fb.
      Ketika dia bilang dia akan ngasih hadiah senilai 400rb US$/ 5m-an IDR.. Sy disuruh bayar biaya clearance.., alhamdulillah sy lgsg googling. Kmd sy block fb nya…

      • lenni cici Desember 6, 2017

        hari ini tgl 6des17 ditelpon oleh cargo bandara denpasar. minta transfer uang sebesar 6juta.. dan alhmdulilah ya allah saya masih di lindungin.. saya hmpir tergoda dgn iming2 dikirimin uang oleh di bule sebesar 25.000 GPB atau sebsar 450jta.. dia pakai nama David Jhon dia add fb saya dan akhirnya kami kenalan dan chat lewat WA.. dan disitu dia mau mendatangin q di indonesia.. dan memberikan hadiah.. luar biasa penipunya kelas kakap

  2. Saya kena 100jt lebih… Bodohnya saya… Dan sekarang tidak tabungan harus bagaimana… ??

    • Arlina Hutabarat Juni 30, 2017

      Saya baru saja kena..28jt. Barusan mereka minta lagi 35jt krn tidak ada dokumen certifikat money laundry.
      Adakah tindakan yg bisa dilakukan?

    • Petty lady Agustus 4, 2018

      Ya Allah Mbak kok bisa gitu?

    • Barusan nih kejadian sama saya sruh coba hr ini ambil paketannya sy hrs tebus 7bjuta di bandara soekarno hatta jkt dan yg perperan sebai pihak bea cukai juga telpon2 sy trs tanya bagaimana dg biaya yg dtnggung akan di tf kapan ????sy bilng bodo amat xlo mmng sruh byr brg itu baliki aj ke ingris sana

  3. roslina hutauruk Mei 28, 2016

    Saya susah jadi korban sebesar 22juta.sy tidak prnah tau ini.sy trlalu polos ini trjadi belum lam tgl 24 mei 2016.tp sy memilih diam drpda melapor kpd yg brwajib krn sy malu ats kebodohn sy dn melapor itu hy membuat sy tmbh strees.ini jd plajaran brharga buat sy.

  4. Hari ini 1 juli 2016 jam 10.00 wib saya ditelp oleh seorang wanita yang mengaku bagian pemeriksaan paket luar negri di bandara internasional bali dengan no hp +62 858 94339059 dan memberitahukan untuk membayar clearance dengan jumlah Rp 10.500.000,-
    Saya pikir itu benar dan ketika saya minta no rek untuk pembayaran ternyata itu no rek bank swasta dengan nama pemilik nova trisnawati 3594723888
    Karena saya ragu saya tidak membayar .
    Dan wanita ini terus menelp hingga beliau berkata bahwa atasannya ingin bicara dengan terpaksa saya berbohong ” tidak usah menelpon biar sodara saya di beacukai yang mengurus paket saya ” dengan kalimat itu si penelpon tidak pernah menelpon lagi .
    Semoga no hp dan no rek ini tidak melakukan penipuan lagi .

  5. Gepeng1989 Agustus 18, 2016

    Kalau sudah terlanjur kirim barang ke negara tujuan,,kira2 apa bisa dicancel/ditahan di negara tersebut supaya ga sampai ke penerima…

  6. FATMA GOBEL September 16, 2016

    Alhamdulillah,, masih dilindungi oleh Allah SWT, tidak terpengaruh dengan iming2 barang mewah dan sejumlah uang,
    saat membaca prosedur penerimaan paket dari luar negeri tentang rek yang akan menerima transferan bea dan cukainya ternyata tidak sama dengan yang resmi..

  7. Hari ini hampir saja saya tertipu, untungnya teman saya kerja di bea n cukai dan km saya polisi. Om saya dan teman saya bilang itu semua fiktip. Yang mebgaku2 bea cukai di bandrara ngurahray bali meman meminta sejumlah uang kengkap dengan orang yang di sebut2 sebagai diplomatic agent. Untuk meyakinkan saya mungkin ya. Saya akhirnga mengobrol dengan orang barat itu.
    Tapi memang awalnya saya tidak percaya. So saya ancam mereka semua akan di tangkap atas kasus penipuan pengiriman barang berharga. Untuk sementata ini om ku dan polisi lainnya sedang melacak no. Handphone cewek nga ngaku2 nya petugas bea dan cukai di bali.

  8. saya beda ceritanya……akun FB nya Willson Johnson sampai kemarin dia masih inbox saya….. modusnya
    1. menyatakan bahwa dia seorang pengusaha yang istrinya meninggal dalam keadaan hamil muda
    2. ingin berbagi cerita dengan saya dengan meminta nomor HP (karena saya sudah tau bahwa ini adalah modus maka saya berikan saja nomor hp saya)
    3. mengirim paket berupa emas, uang, laptop dan handphone…melalui Kargo….
    4. minta uang tebusan karena paketnya ditahan bea cukai bandara SOETTA ((kebetulan yg menghubungi saya cewek jadi lumayanlah untuk obrolan di pagi hari meminta tebusannya sebanyak $13000 kalikan saja berapa jumlahnya) saya katakan bahwa lihat pakenya dulu tapi sicewek bilang tidak bisa dilihat yg jelas kirim dulu dananya….. lalu saya katakan ada saudara saya di polres bandara SOETTA biar saudara saya yg ambil……langsung si cewek bilang menantang Kapolda dan Kapolri. ( langsung menutup telpon)
    5. beberapa jam setelah itu si Willson johnson inbox ke saya bahwa pihak kargo ingin secepatnya menyelesaikan penahan paket kiriman di bea cukai…lalu saya katakan saya tidak punya uang untuk melakukan itu….. ( beberapa hari tidak pernah menghubungi saya lagi)
    6. ternyata si willson johnson ini mau datang ke Indonesia ternyata ia tertahan di Bandara Malaysia karena terlalu banyak membawa emas ( meminta saya mengirimkan uang tebusan juga sebanyak $600 Kalikan saja berapa hasilnya)
    7. lalu saya katakan bahwa ingat saya ini lulusan Sarjana IT… sebelum saya bertindak untuk menghancurkan anda berhentilah menipu orang….. ternyata FB saya langsung diblokir…..

  9. Rasanya saat ini saya sedang mau ditipu juga, orang yang mengaku bernama ricardo neil akan mengirimi saya beberapa hadiah yang wowww sangat fantatis jika hal itu benar terjadi pada org yang baru dikenalnya lewat tinder, dia kirim saya email yang mengatakan klo dia telah mengirim hadiah itu dgn mengirimkan buktinya, saya cek alamat pengirim nya berbeda dgn alamat id card yang pernah dia kasih lewat wa, kedua walopun begitu terkesan rapih buktinya tapi banyak sekali kejanggalan, yang lucunya dia edit2 photo yang ditempel di ID card sama dgn photo yg lain pernah dia kirim, akhirnya saya track lokasi handphone dia dan lagi2 berbeda dgn kedua alamat diatas.

  10. saya juga hampir kena. Tapi Puji Tuhan masih di lindungi dan tidak dibiarkan terbawa perasaan terhadap iming2 hadiah yang di berikan.
    Kejadian ini baru kemaren tgl 31-10-2016 terjadi.
    Teman saya mengirimkan paket dari UK kepada saya, saya berkenalan drngan nya di FB drngan nama Jack Paul.
    Katanya paket akan tiba di indonesia di hari senin. Senin pagi hari saya di telpn oleh seorang wanita yg mengaku dari pihak bandara dan meminta uang 5 jt rupiah untuk biaya pajak dan dia mengirim no rek pribadi kepada saya. Saya langsung curiga dan mengecek no rekening itu, saya sudah tahu kalo ini benar2 penipuan. Karna saya tdk mentransfer uang tsb wanita itu trs mnelpon saya, dan saya blg saya mau ambil paket ke bea cukai bandara saja. Dia blg ketemu di terminal 2e, namun sesampainya saya di bandara dia tidak datang dan tdk bisa dihubungin. Jadi pembelajaran sajalah ini.

  11. Saya dan ayah saya baru saja tertipu dengan modus ini kemarin, dia menyamar menjadi tentara amerika yg sedang bertugas di irak, dan setelah beberapa waktu dia berhubungan lewat WA dengan ayah saya dia mau mengirim uang sebesar 2,5juta USD yang ia dapatkan dari pembebasan kilang minyak di irak dari tangan isis, dan ayah saya mendapat bagian sebesar 30% dari nominal tersebut. ayah saya pun tergoda oleh nominal tersebut. dan dia mengirim uang tersebut memakai kurir dari inggris lewat jalur diplomatik, dan tiba-tiba ada seseorang menelfon ayah saya dan dia mengaku sebagai orang TAX di bandara ngurah rai bali, dia menyebut bahwa si kurir landed di bali dan tidak bisa melanjutkan flight ke jakarta dan dia minta uang sebesar Rp6.5juta ke rekening BNI a/n yani maryani (0449978070) setelah uang tersebut sudah di trf beberapa menit kemudian dia kembali menelfon untuk kembali meminta uang untuk surat jalan koper tersebut sebesar Rp10juta karena koper tersebut todak tembus X-ray. saya otomatis langsung mencari kebenaran semua ini, kebetulan saya dan ayah saya sudah berada di bandara Soetta untuk menunggu kurir tersebut, setelah saya menanyakan ke bank BNI ternyata aktivasi rekening yani tersebut bukan dari bali dan uang sebesar Rp6,5juta yg sudah ayah saya trf sudah ditarik. sayapun langsung memberi tahu ayah saya dan mencegah nya untuk tidak mentransfer yang 10jt tersebut.
    modus penipuan ini sangat matang, dia mengirim foto-foto dia selama perang di irak, dan mengirim foto box dan cover berisi uang tersebut kepada ayah saya dan tidak luput foto paspor dari kurir tersebut.
    -nama tentara yg bertugas di irak (Carolline William) sbg: pemeran utama penipuan
    -nama kurir diplomatik PBB (Phillips) sbg: pengirim uang
    -(0815 1464 3418) sbg: orang yg mengaku bagian TAX di ngurah rai
    -BNI a/n yani maryani (0449978070) sbg: rekening penipu
    semoga berguna untuk kalian dan jangan sampai mengalami kejadian seperti saya dan ayah saya 🙂

  12. Hati-hati juga dengan nama Mark joel di facebook karna kakak saya hampir kena tipu 6,5jt atas kiriman dia. Kalau ada pihak berwajib di sini tolong cek orang itu sepertinya di organisasi penipu, karna memakai jasa pengiriman yang tidak terterah alamat dan nomor telp kantor yang bisa di hubungi

  13. Saya hampir kena juga..hati” pengguna fb jika ada akun meminta pertmnn dg akun PETER MURPHY atau EDDIE PETER MURPHY ini orang satu tp pny dua akun..modusnya sm merayu tp ujung”nya kita di porotin..profilnya seh ganteng tp gataunya bule kere..ngakunya pengusaha..

  14. Saya tertipu 40 jt, tp saya memilih diam karena malu dg kebodohan saya,dan tdk ingin rumah tangga saya berantakan
    Sampai saat ini saya masih berhubungan dg si pengirim, hanya berharap siapa tau saya masih bisa mengetuk pintu hatinya
    Walaupun barang yg dijanjikan untuk panti asuhan tdk pernah sampai ke saya,karena sy blm mentransfer lg
    Saya tdk mau mempunyai hutang lebih banyak lagi

  15. Saya masih diuber2 nih dari pihak sana nya…. Padahal saya udah minta dikirim balik aja…. Gimana ya…. Bingung…. Takut juga nih

  16. Saya juga hampir saja tertipu dengan diiming iming kan barang dan uang untung aja tuhan melindungi saya.saya diminta membayar biaya pengiriman 7.000.000
    Hati hati dengan akun fb ‘henry jhon’

  17. Averrahilda Februari 2, 2017

    Duh.. aku juga baru baru ini hampir kena, diawali perkenalan lewat media sosial tanggo, jadi orang ini ngakunya namanya RANDY MUHAMMED, kita ngobrol aja seperti orang yang baru kenal, sampai akhirnya kita tukeran nmr whatsapp, naah setiap pagi dan malam si randy ini selalu kirim kata2 bijak gitu.. sampai akhirnya kita mulai deh curcol2.
    Gak lama ni orang bilang ke aku, kalau dia baru sampai pollandia dan mau belanja hadiah buat aku, dia nanya nmr sepatu dan alamat rumah, yah karna emang waktu itu gak sama sekali curiga aku kasih tau aja semuanya. Pas sorenya dia kirim gambar banyak banget, sepatu, tas, jam tangan da parfum yang branded gitu, terus aku tanya balik aku harus milih berapa nih dr semua gambar yg dia kirim hampir 30 gambar. Dan dia bilang aku suruh cek ke http://www.hplcompany.com dan dikasih no. Awb nya. Aku sempet kaget juga, kok udah aja langsung dikirimin paket segitu banyaknya.
    Gak lupa juga katanya dia naro uang $60.000 alian hampir 800 jetong kalau dirupiahin. Karna katanya kalau paketnya dateng, aku harus bayar biaya clearance dll sebanyak $850.
    Waktu itu sempet percaya gak percaya.
    Percayanya karna memang ada websitenya yang .com dan gak percayanya, kok ada aja orang yang baru kenal udah berani2 nya kirim uang sebanyak itu. Dan waktu itu aku cuma curiga dan takut kalau itu barang seludupan atau narkoba.
    Nah pash hari dimana paketnya sudah sampai, ada nmr 081295260772 telp aku ngakunya orang bea cukai dan bilang kalau ada barang yang ketahan di bea cukai dan harus ngelunasin biaya clearance sebesar 850 dollar. Dan harus ditransfer ke nmr rekBank bca 0650456386 a/n siskandar prawito.
    Gak lama si randy ini telp dan tanya aku harus ngelakuin yang terbaik untuk bisa dapetin paketnya. Dan secara gak langsung mulai ngepush aku untuk pakai uang ku dulu karna didalem paketnya ada uang yang jauh lebih besar yang bisa gantin uang ku dulu.
    Jelas lah aku mulai curiga,
    Karna 1 aku harus tf ke nmr perorangan.
    2. Sebelum barangnya sampai dia cuma bilang aku rilax aja dirumah karna barang akan dikirim ke rumah, dan pajaknya bisa dibayar dan ditagihkan setelah barang diterima.
    3. Setelah barang dateng, gaya bicaranya mulai menekan aku memaksa..
    Akhirnya setelah aku cek2 kebenaran websitenya, ternyata itu website yang dibikin sendiri karna aku juga tau tentang web hosting domain sampai bisa bikin website yang sebegitu meyakinkan kaya gitu..
    Aku juga pernah kerja di perusahaan export import trading, jadi tau cara2 proses pengambilang barang dari luar negri. Eh pas aku kasih tau tentang ini, nmr aku langsung diblokir… wkwkwkwkwkwkw, nih nmr orang yang ngakunya dari pollandia +447541907859
    Monggoh…
    Mudah2an info ini bisa membantu…

  18. khusniyatun Februari 7, 2017

    aku juga ini lg transaksi supaya byr clearing bea cukai sebesar rp 12.500.000 atas pengiriman hadian dari as ke rekening bank danamon atas nama sunarsih.kiriman dari seorang teman baru di fb bernama ibrahim burhan.
    alhamdulillah q langsung buka geogle

  19. Asri Hapsari Februari 9, 2017

    hari ini tgl. 9 Februari 2017 saya juga hampir saja kena tipu..Alhamdulillah Allah masih melindungi saya..
    seminggu yang lalu ada laki-laki from England bernama Erik Larson yang mengaku bekerja sebagai pilot di Turkish Airlines, dy chat saya di facebook (Bisa di cek di Facebooknya), lalu kami kenalan dan katanya dy memberikan sesuatu kepada saya berupa Jam tangan lapis emas, laptop apple, iphone 7, parfum dan uang 34.500 pound atau kalau di rupiahkan sekitar 552.000.000 (wooww kan)
    dua hari kemudian ada wanita menelpon saya dan mengaku dari courier agent..wanita itu bilang bahwa barang kiriman yang berasal dari london, Inggris itu masih tetahan di Batam. Lalu saya di suruh membayar uang custom sebesar 7 juta rupiah ke rekening pribadi atas nama Eka Krisnawati dengan nomor rekening Bank JTRUST 105-1000-2014-475101
    lalu saya menelpon customer service bank JTRUST tersebut dan ternyata ini adalah sebuah SCAM atau penipuan.
    setelah itu saya chat Erik (bule yang berasal dari England tsb) dan dy terus menyusuh saya untuk mentransfer uang tersebut.
    setelah saya bilang ini penipuan lalu di kata2in sama itu bule dan kontak whatsapp dy langsung berubah dan akhirnya saya block.
    HARAP BERHATI-HATI kalau ada bule tiba2 chat ngomongnya manis.

  20. yuli susanti Februari 10, 2017

    Saya juga hampir kena kemaren…. tapi dari awal saya sudah curiga, apalagi waktu saya tanya soal sumber dana yg akan dia kirim dia g mau jawab, waktu saya tanya apakah itu money laundry, dia pura2 memelas… dan setelah saya bilang saya ndak ada uang buat bayar landing fee, dia langsung marah2, memaki, dan mengancam akan membunuh saya dan keluarga saya…
    Semoga setelah saya ndak ada lagi yg tertipu ya…

  21. Saya tertipu 16. juta,bener bener bodoh saya termakan situs kencan ol dengan orang bule ganteng, Dia mengirimi paket uang dan barang berharga namun disuruh membayar local charge sampai 2 x, anehnya pengiriman uang ke rek pribadi bank bukopin. Ini adalah pelajaran berharga buat saya untuk lebih berhati hati dengan org bule

  22. Rieo_roy April 11, 2017

    wadugh___?????!!!!
    Aku juga hampir kennaa….
    Syukur alhamdulillah, orang terbaik sellu mendampingi saya …

  23. Saya baru kena tipu dengan ciri2 seperti diatas. Setelah membayar tax masuk bandara ternyata ditagih lagi dengan jumlah yg lebih besar. Kemudian saya coba tanya ke bea cukai, saya ceritakan kejadiannya. Mereka bilang itu tindakan penipuan. Pelajaran yg berharga untuk kedepannya

  24. Saya baru saja kena tipu oleh oknum tidak bertanggung jawab sebesar 21 juta saya orang miskin dan ini sangat menyakitkan semoga orang seperti ini mendapat balasan secepatnya.

  25. Kakak ku saat ini sedang tertipu, dia sudah transfer $1200 dan paket itu meminta ditransfer lagi uang sebesar $3500 besok pagi. Kakak ku tertipu dengan org yg ngaku mencintaina dengan mengirimkan paket. Kakak ku ga sadar klo dia sudah tertipu. Aq harus bagaimana, ada kah yg bs menolong?

  26. Wah artikel ini sangat membantu saya sekali karena dari aritkel ini saya bisa membedakan mana agen yang termasuk ke dalam agen yang ingin menipu dan tentu saja saya akan bisa bermain baccarat dengan lebih nyaman lagi

  27. Raihan Nurjanah Juni 23, 2017

    Alhamdulillah . . .
    Hari ini pengalaman berharga bagi saya, saya juga ada kenalan online bule dari London. Dia menghadiahkan saya berupa tas2 bermerk, Iphone, prrhiasan, dan uang $7000. Dan 2hari kemudian tepatnya pagi tadi tgl 22 juli 2017 saya ditelp. Oleh agen pengiriman dan mereka memberi tahu saya bahwa barang pengiriman sudah sampai di Bali, untuk bisa sampai ke alamat, saya haru bayar pajak dulu sebanyak Rp.6.500.000,-… awalnya saya sempat mau mentransfer uang sebanyak itu, namun uang saya tidak mencukupi. Dalam hati saya merasa sedikit kecewa, dan pihak agen pengiriman barang terus-menerus menghubungi saya, yang akhirnya saya suruh aja dia mengambil uang dalam paket itu. Karena dalam paket pengiriman itu ada sejumlah uang melebihi dari uang pajak. Namun pihak agen berdalih dengan mengatakan “tidak bisa membuka atau merusak paket itu tidak diperbolehkan” langsung saja saya jawab “semua itu sudah saya izinkan, dan bukannya sebelum pengiriman barang diperiksa dulu. Pihak agen tidak membalas sms saya.
    Setelah itu saya googling, ternyata banyak kasus penipuan seperti ini. Alhamdulillah Allah sayang aku menjauhkan aku dari kasus penipuan tersebut. Berikut akan saya cantumkan nama2 pihak penipuan tersebut.
    Bule : fb @Larry Williams,
    Telp/WA : +447438554249
    Pihak agen pengiriman : 087875369860 dan 081617315795
    Rek. Penipuan : Bank BTN, Nama : Nia Kurnia, No. Rek. 00179_01_50_016620_0
    *Semoga bermanfaat pengalaman saya ini.

  28. intan Juli 7, 2017

    Ya allah saya sudah kena 88 juta
    Tolong donk kasih tau gimana cara ngelacak nya tolong bantu saya kawan kawan ,,,

  29. Sy kmrn br sj tertipu, uang 7 jt lenyap….yach modus sm memngaku dr bandara soekarno hatta atas nama paulina christa oktiari no hp 085714238758 dan 08989991172 sy transfer uang ke rek atas nama org itu utk pembyrn paket stlh itu mlh minta lg 25 jt…dg alesan pket sy berisi uang bnyk dan d sangka itu uang dr teroris, jd minta uang itu sbg syarat utk membuat surat prnyataan bhwa itu bkn uang teroris.

  30. Saya mendptkan tlp pd tgl 29/7/17 di jam 8 pagi ada seorng wanita bernama rina dari diplomatik delivery services memberitahu jika sy mendptkan paket dr tmn sy yg ada luar negara dan mba rani tersebut menganjurkan saya utk membyar biaya clearences sebesar 10.500.000 utk paket sy punya dan dikirimkan uang tersebut ke no rek mba rina. .tp saya memikirkan kemabali akan kah ini penipuan atau tidak.sampai akhirnya saya tanyakan kembali barang tersebut masih ada or sudah tidak ada dan mba rina tersbt tidak memberitahu.

  31. Yuliana Chornalia Bengngu Oktober 25, 2017

    Terima kasih blogger. Berkat blog ini saya dapat terhindar dari penipuan pengiriman barang dari luar negeri.
    Awalnya ada akun bernama Dieye Bouna dari Syria yang minta berteman di FB lalu kami saling chatting dalam bahasa inggris. Dia mengaku bahwa dirinya dari Amerika dan sekarang menjadi anggota Army di Syria. 1 minggu kmudian tepat hari Rabu tgl 18 Oktober 2017 dia minta tolong pada saya katanya di Syria sedang perang jadi tidak bisa menyimpan uang di bank tp hrus dikirim ke orang lain di negara lain dalam bentuk parcel. Dia minta alamatku dan identitasku. Tanpa pikir panjang Aku kirim saja. Tanggal 20 Okt 2017 dia inbox d FB dan lewat Email (spam) katanya parcel berisi uang 1,5 juta US$tersebut sudah dikirim dan akan tiba pada hari Sabtu tgl 21 Okt 2017 di Indonesia. Saya kaget krn saya lagi di Bali dan akan plg Kupang pada hari Minggu tgl 22 Okt 2017.
    Pada hari Sabtu, 21 Okt 2017 ada seorang perempuan yang menelpon dengan no baru katanya dia dari bandara I Gusti Ngurah Rai Bali n bilang kurir tersebut sedang melakukan transit d Bali jadi saya harus membayar pajak sebesar 8 juta rupiah dan ditransfer ke no rek BTN atas nama Floral Safitri agar parcel tersebut dikirimkan ke alamat saya sesuai hari yang saya inginkan. Saya heran kog no HP dan No Reknya milik perorangan. Karena jengkel saya bilang itu barangnya Mr. Bouna bukan barang saya jd itu tanggung jawabnya dia. Nanti saya sampaikan ke orangnya biar orangnya yang bayar. Setelah saya sampaikan ke Mr. Bouna, eh dia malah ngotot saya harus membayar pajak tersebut dengan iming2 nanti ambil parcelnya baru ganti pakai uangnya. Loh gila. Dan dia sangat kuatir krn barangnya tertahan di Bandara dan juga kurirnya juga sudah menunggu lama. Saya sibuk jadi tidak gubris, tapi setiap hari saya disms Mbak Fitri dan menanyakan kapan saya bayar pajak. Saya curiga ini penipuan…lalu saya cari di internet dan ketemu blog ini. Semua modus penipuannya sama persis sperti yang tertulis di blog ini. Saya langsung cek no parcelnya di http://beacukai ternyata no Airby Bill tidak terdaftar. Saya langsung balas ke Mr. Bouna ”I WILL NOT DO A CRAZY THING JUST FOR A LIER LIKE YOU” dan kepada Mbak Fitri “Maaf saya sudah melakukan pengecekkan barang di Bea Cukai tapi no parcelnya TIDAK TERDAFTAR. Lagian itu parcelnya Mr. Bouna kenapa saya yang harus bayar? Emailnya juga lewat spam, no HP dan no rek juga atas nama perorangan. Sangat mencurigakan, kalian semua adalah PENIPU”. Dan sampai hari ini tidak ada balasan dari mereka berdua.
    Logikanya hanya orang tolol saja yamg mau mengirimkan parcel berisi uang sebesar sekian M kepada org yang baru dikenalnya lewat media sosial.
    Mohon kepada pihak yang berwenang untuk mengecek pemilik no rek BTN atas nama Floral Safitri tersebut karena dia adalah salah satu penipu. Terima kasih Blogger

  32. Hari ini tgl desember saya pun hampir kena tipu seseorang dari US dan saya mendapat tlp dari malaysa seorang perempuan yang mengharuskn sy membyr uang sejumlah 17 jt..
    Untung nya alloh masih melindungi saya berikut no tlp dari malaysa yg menelpon sy +6010-2019630

  33. Tepatnya tgl 20 Dec 2017 , orang tua sy mentransfer uang Rp9.711.500 , sy mendapat chat dr luar negeri yang mana katanya mengirim paket box yang berisi uang tunai 8 juta dolar amerika untuk di sumbangkan ke panti asuhan, sekolah, masjid dll.. Awalnya dia bilang paketan ini aman dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun dari pihak sy, ternyata ujung”nya sy harus membayar beacukai dari pihak bashasha bashima courier service denpasar bari. Stelah transaksi di bank BTN sy disruh kirim gmbar bukti kwitansi sy dari bank ke WA pihak bashasha bashima yang mana karyawannya bernama sundari, sy dan keluarga benar” orang awam yg sm sx tidak tau bahwa macam seperti itu hanyama tipuan modus belaka, bagaimana solusinya untuk melacak penipu itu dan bagaimana caranya menarik kembali uang Rp9.711.500 yang sudah sy transfer.

  34. Awan munawar Maret 10, 2018

    Saya sering di iming2 oleh pengiriman paket.tapi saya ilmu prediksi kuat.karena suka dzikir jadi hawanya beda yg mau nipu dan tidak.saya pura2 bodoh aja.ketika dialog dengan yg mau nipu.saya memberi pertanyaan aturan spaya dia sulit menjaeab.akhirnya dia diam.
    Intinya imbangilah hawa bafsu kita dengan ke imanan dan pengetahuan kita

  35. Saya juga baru saya hampir kena tipu, dia mengiming*kan kan ngerium kan uang, dan ketika paket itu sampe saya harus bersedekah dan pagi ini sya menerima tlfn dari no ini 08995978336 cwe yang ng angkat saya di suruh bayar pajak paket 8jt dan fb yang menyamar sebagai magnole joseph. Tanggal 20/3/2018

  36. Saya juga baru saya hampir kena tipu, dia mengiming*kan kan mengirimkan uang, dan ketika paket itu sampe saya harus bersedekah dan pagi ini sya menerima tlfn dari no ini 08995978336 cwe yang mengangkat saya di suruh bayar pajak paket 8jt dan fb yang menyamar sebagai magnole joseph. Tanggal 20/3/2018

  37. Saya hampir kena dan alhamdulillah masih di lindungi,pengirim atas nama mark robin dan mau di kirim parcel dan uang sekitar 450 jeti,yaampun logika aja yaaa

  38. Kasmira Maret 30, 2018

    Saya baru saja mengalaminya. Sya dijanjikan akan dikirmkan uang dari luar negeri… Saya ikuti saja dlu permainnanya dan memberikan alamat yang palsu dan nomor hp yg asal

  39. Sy juga kena tipu, yg pertama barang dari glasgow scotlandia, atas nama bruce smith. Pihak bandara minta 7jt. Sy sdh transfer 7jt. Melalui bank mandiri atas nama Arianto. Trus diminta lagi 23jt. Tp sy tdk kirim.
    Yg kedua dari Inggris, philip joe. pihak bandara Minta bayar 10jt. Kirim memalui BRI. Sy tdk transfer karena jera dan sdh kapok.
    Yg ketiga, skg tgl 1 dari London. Tentara US amerika, disuruh bayar 13 jt. Sy pun tdk menanggapinya lagi.

    • Saya baru saja tertipu dengan iming-iming hadiah dan uang di dalam nya sebesar 5.000 SGD, bodoh nya saya transfer 3jt ke nomor rekening bank BCA atas nama lisah hanifah. Hati-hati dengan penipuan.

  40. Saya alami hal yg sm kenal lwt fb nama james bruce lee…sy dp lp dan hrs byr 13 jt tp saya blng biar sy cek dulu dhl…ternyata fiktif karena sy pkr ulang knpa hrs transfer perorg an bkn bdn usaha…terimaksih dhl sdh ikut membantu….sy hrp penipuan ini tdk berulang pd yg lain.

  41. Sekarang yg nama,nya calvin premaan,lg brkeliaran, sy kmrn hampir tertipu..
    Dia bilang kirim paket dan itu isi nya dolar serta emas,dan barang brharga lain nya…
    Dia bilng mau titip smua barang itu, krn dia tdk bs bwa sndri ke indonesia coz dia da di USA…
    Meyakin kan, bukti resi pengiriman hampir asli, bahkan foto paket nya pun dia kirim kan..
    Td nya sy udh ok.. dan nuggu barang itu smpe, pas hari nya… sy di tlp sm cewk, dia bilang kiriman paket dr mr calvine sdh sampai, tp ini ada administrasi nya sebesar 8jt rupiah…
    Nah dr situ sy bingung…. kok ada paket nya byr sndri, pdhl kan sang pengirim pst udh byr jasa nya sblm paket di kirim.
    Akhir nya sy sdar kalo sy ini sedang brusaha di tipu…
    Allh msh melindungi sy, alhamdullh.19

  42. Nani Nurjanah Mei 16, 2018

    Saya juga sama hampir hampir kalau gx jeli
    Untungnya saya telpon dulu ke pihak bea cukai apakah barang saya kiriman dari Amerika sudah sampai d bandara, ternyata setelah d cek no nya tak terdaftar..
    Hati hati bagi sodara sodariku jngn sampai tertipu..

  43. Sya dari kemaren mau katanya dikrim uang dan dia pun minta alamat lengkap dan nmr tlfn saya…dan sudah saya kasih..
    Namun katanya stelah paket sampai baru saya disuruh bayar pajak ..tapi untuk saat ini saya gak prcaya gtu aja..tolong sulusi lebih banyak lagi kawan

  44. Saya sdg mengalaminya saat ini dan sy merasa ini mmg scammer love. Awl perkenalan di FB yg mengaku sbg tentara wanita as. Sy disuruh mentransfer biaya pengiriman sbsr krg lbh sktr Rp.60jt-an. Paket yg dikirimkan berupa uang sktr $1,4jt USD. Bbrp hari yg lalu sy mndptkan tlp dr no kode +442 0xx. No rek yg hrs sy transfer a.n bank swasta n nm perorangan. Dr awl sy sdh curiga dgn kenalan tsb coz doi sll menolak memberikan no hp pribadi dia n tdk mau sy tlp via VC. Alasan’y coz seorg militer dilarang menggunakan ponsel pribadi u/ akses keamanan. (Masa sih buat hub. Solmate gak ada wkt sdkt aja hehehe …) Logika sy knp ada biaya u/ penerima ?, mmg’y sblm kirim paket tdk dijelaskan brp biaya pengiriman’y, spt kita mengirim sebuah paket dikntor pos sll lgsg diserahkan biaya kiriman’y. Kira2 saat ini sy hrs bagaimana lg ya u/ membuktikan itu bnr2 asli paket dikirim dan terhindar dr scammer love ? Dan jk bnr bagaimana buktikan’y ? (Lumayan jk bnr, buat modal usaha hehehe
    … terima kasih buat bantuan n solusinya buat rekan n admin untuk jawabannya.

  45. Maryono Juli 1, 2018

    Saya sedang kena ni. Alamat, nama, nomor telpon da saya kasih. Dia tentara USA sih katanya, yg banyak dapat harta dari Sadam Husen, $300.000. Mau dikirim ke saya, karena di USA sudah tidak ada yang dia percaya. Lakinya sudah mati, janda punya anak satu. Juliet namanya/ cantik bos. Uang itu mau dikirim katanya, melalu paket karena bank tak bisa digunakan di Afganistan, lagi perang. Tapi, sebelum itu, rayuan yang bikin kita menghayal banyak bos. Nah, untung baca forum ini ditambah forum korban yang lain. Komunikasi kita sih bahasa inggris, pahamlah sedikit. Nah, tu uang $10.000 buat anak yatim katanya, $20.000 buat kita bos, sebagai kompensasinya. Sisanya buat dia dan kita bercinta, katanya. Permainannya luar biasa, ni otak uda uang aja bayangannya. Makasih bos, atas infonya, kasih tau yang lain model penipuan begini. Ane lagi bermain ni sama scam, ane ladeni endingnya deh. Terlanjur data da masuk, yang jelas jurus menghindarnya sudah dikantongi.

  46. Alhamdulillah terbantu dengan artikel penipuan melaui pengiriman Luar Negeri.
    Kalo tidak membaca artikel ini melayang lah ratusan juta…

  47. hati2 dengan no.tlp ini
    +6281211791080 P E N I P U. ☠️☠️☠️☠️☠️

  48. Wah banyak sekali penipuan terima kasih infonya

  49. makasih admin artikelnya sangat membantu

  50. saya hari ini nyaris kena untungnya lagi gak pegang uang dan uang yg di minta untuk menebus jumlahnya di luar yg saya punya.karena terkesan di telp saya jd bt saya coba browsing ternyata penipuan balik saya kerjain lama lama menghilang satu persatu itu kontak

  51. Saya baru saja mau tertipu .perkenalan lewat fb dan meminta nomer saya katanya dia orang luar negeri yang bekerja sebagai insinyur mau menitipkan tabungan ya ke saya untuk diamankan sejumlah $300.000.00 dollar ..setara 4m.an..dan dia saya diberi bukti video uang yg akn dikirim dan bukti pengiriman paket yg dituju ke atas nm saya ..dan selang 3hr sy ditlfn seorang wanita yang katanya saya mendapat paket dari luar negeri dan saya diminta untuk membayar pajak supaya paketnya bisa dikirim ke alamat saya pajak yg diminta sekitar 10jt lbih kalau di rupiah..dan karena saya tidak ada uang saya tidak membayarnya dan orang yg itu trs menghubungi saya dan memaksa sy untuk membayarnya spy sy bis mendapatkan paket itu..untung saya cepat menyadari bahwa ini hnya modus penipuan…

Add a Comment

Your email address will not be published.

Eksplorasi konten lain dari Baraka Express | Ekspedisi Cargo Barang Berat

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca