Apa yang Membuat Layanan Jasa Ekspedisi Menjadi Terbaik

Istilah shipping pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna jasa belanja online. Shipping berkaitan dengan pengiriman barang setelah proses jual beli selesai dilakukan.

Agar lebih memahami istilah shipping, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Shipping

Istilah shipping berasal dari bahasa Inggris yang berarti pengiriman. Dikutip dari laporan tugas akhir karya Chandra Nova dalam Repository Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, istilah shipping digunakan untuk pengiriman barang atau paket.

Shipping juga dapat disebut sebagai pemindahan fisik barang dari satu titik ke titik lainnya, seperti pemindahan barang dagangan dari gudang menuju pelanggan. Kata shipping biasa digunakan di dunia bisnis atau jasa pengiriman barang.

Pada awalnya, istilah ini digunakan untuk pengiriman barang yang menggunakan jalur laut. Namun, istilah shipping saat ini juga mencakup pengiriman melalui jalur darat dan udara hingga lebih dekat pada konsumen.

Dikutip dari situs Big Commerce, istilah shipping pada ecommerce mencakup penerimaan pesanan, pemrosesan pesanan, pengambilan dan pengemasan produk di gudang, mencetak label pengiriman, dan mengelola pengembalian barang. Proses pengiriman ini tentu harus hemat waktu dan sumber daya.

Jenis-Jenis Shipping

Dikutip dari situs Shopify, terdapat beberapa jenis shipping, yaitu:

1. Ekspedisi

Secara umum, ekspedisi merupakan istilah yang memiliki arti sebuah pengiriman yang memiliki waktu lebih cepat daripada waktu pengiriman standar.

2. Overnight

Shipping overnight merupakan salah satu jenis shipping yang banyak digemari. Shipping overnight adalah pengiriman yang dimana paket akan tiba sehari setelah dikirim, seperti namanya.

3. Freight

Freight adalah jenis layanan pengiriman yang biasanya digunakan untuk mengirim barang dalam jumlah besar. Biasanya dikirim menggunakan palet dan kontainer. Jenis shipping ini akan membantu jika kamu ingin mengirim barang dalam jumlah yang besar dan berat.

4. Internasional

Shipping internasional adalah jenis pengiriman yang berasal dari negara berbeda dari negara tujuan. Harga pengiriman pun cukup bervariasi tergantung pada negara asal dan tujuan.

5. Pengiriman lokal

Jenis pengiriman ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi bisnis-bisnis kecil. Para pelanggan juga tidak perlu mengalami penundaan proses pengiriman.

6. Multiple addresses

Istilah ini mengacu pada pengiriman yang mengirim barang yang berbeda dalam satu pesanan ke tujuan yang berbeda. Contohnya, kamu membeli sepatu untuk dirimu sendiri dan sepatu untuk hadiah ulang tahun temanmu, tetapi kamu membeli keduanya melalui pesanan yang sama.

7. Flat rate

Biaya pengiriman biasanya tergantung pada berat, bentuk, dan ukuran dari paket. Meski begitu, peraturan tersebut tidak berlaku pada flat rate atau tarif tetap. Melalui pengiriman ini, kamu hanya membayar satu tarif yang telah ditetapkan setiap mengirimkan barang.

Perbedaan Shipping dan Delivery

Dikutip dari situs Econo Courier, shipping mengacu pada pengiriman paket dari satu lokasi ke lokasi lain. Sementara itu, delivery mengacu pada pengiriman paket ke tangan penerima.

Meskipun kedua istilah tersebut sering digunakan bergantian, penting untuk mengetahui perbedaan antara keduanya. Mengetahui perbedaan shipping dan delivery dapat membuatmu membuat keputusan yang tepat saat memesan barang atau produk.

Demikian penjelasan terkait shipping. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan perbedaannya dengan delivery. Semoga bermanfaat ya.

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7060388/pengertian-shipping-jenis-dan-bedanya-dengan-delivery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *