SEMENTARA banyak bisnis menghadapi tantangan yang disebabkan oleh pandemi, toko parsel dan agen kurir di Penang melihat peningkatan permintaan untuk layanan mereka.
Seorang karyawan toko parsel, yang hanya ingin dikenal sebagai Ashraf, 30, mengatakan jumlah pengiriman parsel yang mereka terima meningkat.
“Saya pikir selama periode ini, orang tidak ingin banyak bergerak sehingga mereka beralih ke kurir dan agen pengiriman.
“Mereka memilih untuk menurunkan paket mereka dan meminta agen menanganinya. Toko kami adalah agen untuk enam perusahaan kurir yang berbeda.
“Kami mengumpulkan pesanan dan paket pelanggan di sini di toko. Kemudian kami mengelompokkan dan menumpuknya untuk diambil oleh perusahaan kurir yang berbeda.
“Dengan cara ini, pemilik usaha tidak perlu lagi mengunjungi atau mengantri di kantor kurir untuk menurunkan paketnya untuk dikirim,” ujarnya.
Ashraf mencatat bahwa sementara sebagian besar bisnis memilih untuk menggunakan layanan kurir untuk pengiriman antar negara bagian, semakin banyak yang menggunakan layanan kurir untuk pengiriman bahkan di dalam negara bagian juga.
“Beberapa bisnis lebih suka mengirim barang sendiri jika pesanan pelanggan mereka dalam keadaan yang sama tetapi karena pandemi, banyak yang menggunakan agen kurir untuk membantu mengelola pengiriman mereka.
“Ambil toko pakaian di kota, misalnya. Pemilik dapat menerima pesanan dari seseorang di Batu Ferringhi, yang tidak jauh.
Namun, beberapa akan memilih layanan kurir karena mereka tidak ingin melakukan perjalanan ke rumah pelanggan atau kantor kurir selama waktu ini.
“Jadi mereka menurunkan paket mereka dengan agen kurir. Kami mengumpulkan barang-barang itu dan menyiapkannya untuk diambil oleh perusahaan kurir.”
Karyawan toko parsel lainnya, Elain Chong, 27, yang merupakan agen layanan pelanggan, mengatakan selama pandemi sejauh ini, mereka mempertahankan jumlah pesanan yang mereka terima untuk pengiriman dan layanan kurir.
“Perusahaan kami menangani pengiriman antara Malaysia dan negara-negara seperti China dan Korea Selatan.
“Meskipun pandemi sedikit mempengaruhi kerangka waktu pengiriman, jumlah pesanan yang kami terima setiap hari hampir sama.
“Tidak ada penurunan karena masih ada permintaan untuk pengiriman dan jasa kurir, terutama di masa pandemi,” ujarnya.