Barang dan jasa memiliki arti yang sangat luas dan besar dalam kehidupan. Karena pada dasarnya barang dan jasa merupakan satu factor yang tidak bisa dipisah dalam kehidapan manusia. Luasnya pengertian barang dan jasa menyebabkan munculnya perbedaan pendapat yang disimpulkan parah ahli mengenai barang dan jasa.
Pada artikel ini terdapat kesimpulan dari para ahli mengenai pengertian barang dan jasa yang akan dibahasa satu persatu pada artikel ini.
Barang
Barang adalah setiap benda baik yang bergerak atau tidak bergerak, berwujud atau tidak berwujud, yang sangat mempunyai banyak manfaat dan tujuan seperti dipakai, diperdagangkan dan dipergunakan oleh konsumen.
Macam – Macam Barang
Barang adalah sesuatu yang banyak macamnya. Secara garis besar, barang dibagi dalam barang yang bergerak maupun tidak bergerak dan berwujud maupun tidak berwujud.
Barang Berwujud : Barang yang mempunyai bentuk fisiknya atau wujudnya. Contoh : pensil, meja dan lain-lain.
Barang yang tidak berwujud : barang yang tidak mempunya fisik atau wujud tertentu, Contoh : air, gas, dan lain-lain.
Barang Bergerak : barang yang dapat berpindah tempat dari tempat satu ke tempat lain baik dengan cara berpindah sendiri atau dipindahkan. Contoh : perahu, kapal, mobil dan lain-lain.
Barang tidak bergerak : benda yang tidak dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Contoh : pohon yang masih menancap, tanah, rumah dan lain-lain.
Jasa
Berikut ini adalah pengertian jasa dari beberapa para ahli :
Menurut Philip Kotler, Jasa adalah setiap unjuk kerja atau tindakan yang ditawarkan oleh suatu pihak ke pihal yang lain secara prisip intangible dan tidak terjadi perpindahan kepemilikan apapun.
Menurut Christian Gronross, Jasa adalah proses yang atas serangkain aktivitas intangible yang biasa terjadi pada interaksi antar karyawan jasa dan pelanggan atau barang atau sumber daya fisik dan atau system penyedia jasa, yang disediakan untuk solusi atas masalah pelanggan.
Dibawah ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh jasa, apabila jasa tersebut tidak memiliki karakteristik ini maka tida bisa disebut dengan jasa
1. Tidak Berwujud ( Intangibility)
Yang dimaksud tidak beruwujud adalah, yaitu jasa tida dapah dicium, didengar, dilihat, diraba ataupun dirasa.
2. Heterogenitas (Tidak mempunyai standar)
Jasa adalah suatu hal yang tidak memiliki standar, hal itu disebabkan karena jasa berbentuk suatu kinerja yang dihasilkan. Maka hasil dari jasa tidak ada yang sama meskipun dikerjakan dengan orang-orang yang sama.
3. Tidak tahan lama (Perishability)
Jasa adalah suatu hal yang tidak dapat disimpan ataupun digunakan, karena jasa adalah sesuatu yang langsung dikomsusi pada saat jasa itu diberikan.
Yang tidak dapat disimpan atau digunakan karena pada dasarnya jasa merupakan sesuatu yang langsung dikonsumsi pada saat diberikan.
4. Tidak dapat dipisahkan (Inseparability)
Maksudnya adalah yaitu jasa tidak dapat dipisahkan dari yang memberikan jasa itu sendiri, baik itu yang bersifat organisasi maupun yang bersifat perorangan.