Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat ini. Adapun keluhan saya kepada kurir Anteraja, yang tidak sekali ini saja merugikan saya. Untuk masalah terbaru ini, dengan nomor resi: 10006088566289 tujuan Klapanunggal Bogor, paket dikembalikan ke pengirim di Tangerang.
Bagaimana mungkin rumah saya kosong? Sementara aktivitas saya pedagang online yang setiap hari rutinitasnya membuat packing, menerima barang, serta pickup kurir (selain Anteraja karena saya nonaktifkan). Saya cek WA pun tidak ada dari kurir Anteraja.
Seharusnya seperti ekspedisi lain, misal SiCepat, ada bukti foto jika rumah kosong dan berusaha hubungi jika kurang paham lokasinya. Apalagi di alamat saya selipkan nama tag di Google Map, semakin mempermudah pencarian.
Kronologinya, tanggal 1 November 2022, saya order di Shopee, dikirim pada hari yang sama. Tanggal 6 kurir ditugaskan ke alamat penerima dan tanggal 9 November 2022 itu keputusannya untuk dikembalikan ke pengirim. Bagaimana tidak kecewa? Saya menunggu barang wilayah Jabotabek saja lebih dari seminggu dan akhirnya paket malah diretur ke pengirim.
Sebenarnya kalau satu kendala ini saja saya maklumi, tetapi karena sudah banyak kendala sebelumnya seperti pernah barang hilang hingga 2x, barang dikembalikan ke pengirim tanpa alasan jelas, barang diletakkan di rumah begitu saja, dimasukkan ke dalam mainan anak. Jadi mulai saat ini, jika saya order di marketplace, cek dulu random gratis ongkir dapatnya apa? Jika Anteraja, langsung cancel.
Semoga dengan adanya surat ini pihak Anteraja bisa memperbaiki pelayanannya, terima kasih.
Sumber: https://mediakonsumen.com/2022/11/12/surat-pembaca/kurir-menelantarkan-paket-malas-cari-alamat-dan-tidak-berusaha-menghubungi-pemilik-paket