Munculnya toko-toko online yang meningkat di seluruh tanah air Indonesia menjadikan jasa kurir ekspedisi menjadi salah satu kebutuhan komplementer ( pelengkap ) untuk menolong bisnis online. Mengapa bisa begitu ? karena, cepat atau lambatnya suatu barang tiba yang dipesan oleh konsumen menjadi tanggungan sendiri bagi toko online.
Contohnya, toko online yang menjual buku. Konsumen memesan dan membayar ongkos kirim barang tersebut, lalu toko online tersebut mengirimkan barang dengan perkiraan 2 – 4 hari untuk sampai ke alamat tujuan. Ternyata paket buku yang dipesan sampai 1 minggu. Pemilik toko online tersebut harus menyampaikan permintaan maaf dan menjelaskan mengapa barang yang dipesan oleh konsumen itu tidak datang tepat waktu kepada konsumen.
Jadi, meskipun anda membayar ongkir (ongkos Kirim) yang sifatnya segera atau khusus (urgent), paket pesanan yang anda minta atau yang anda dipesan belum tentu sampai di tempat tujuan tepat waktu. Bisa saja, pada saat paket pesanan yang anda kirim saat di perjalanan ada kendala – kendala teknis yang sifatnya tak terkira. Misalnya, kendaraan yang mengirim barang anda mengalami mogok atau ban bocor.
Bedasarkan dari pengalaman toko buku yang buka 24 jam yang menjualnya buku dengan cara online. Pernah barang yang dipesan oleh pembeli tidak sampai tepat waktu dan telat karena gara – gara petugas kurir yang tiba – tiba sakit mendadak dan tidak bisa digantikan oleh petugas lain, hal itu disebabkan karena petugas yang lain tidak mengetahui jalan ke alamat konsumen itu atau ketika terpotong oleh hari libur.
Sekarang sudah lebih enak lagi, karena sudah banyak kurir – kurir jasa ekspedisi yang telah menyediakan pelayang tracking, mengecek pengiriman via online dengan hanya memmasukan nomor resi pengiriman, bahkan sekarang hanya cukup dengan menggunakan sms. Jadi, konsumen dengan mudah mengecek atau melihat posisi terakhir suatu paket sedang berada dimana. Sudah sampaikah ke alamat tujuan (delivered ) atau sedang dikirim ke alamat yang dituju (process) dan pada saat itu juga (real time).