Kita semua tahu bahwa semakin banyak persaingan di area tertentu, semakin rendah harga barang atau jasa. Tentu saja, situasi ini memungkinkan konsumen untuk mengambil keuntungan. Di bidang perusahaan kurir hal yang sama turut berlaku.
Adanya permintaan besar masing-masing mengarah ke pasokan yang melimpah, semakin banyak perusahaan kurir, maka secara alami mengarah ke persaingan yang lebih besar dan harga yang lebih rendah.
Apabila konsumen harus membuat perbandingan antara harga beberapa perusahaan kurir, selisihnya akan minimal, jika memang ada. Namun, jika kita membandingkan harga perusahaan pengiriman dan harga Pos untuk layanan yang sama, kantor pos menawarkan harga yang jauh lebih rendah serta kualitas layanan yang lebih rendah.
Ketika kita mengirim sesuatu dengan jasa kantor pos, itu akan sampai ke penerima setidaknya satu minggu kemudian, sementara dengan perusahaan kurir, seminggu adalah batas maksimum. Selain itu, mengirim sesuatu melalui pos, ada risiko itu tersesat di suatu tempat pada saat proses pengiriman dan tidak mencapai penerima akhir.
Dengan perusahaan kurir tidak ada masalah seperti itu, karena mereka mengangkut barang-barang dengan menggunakan armada kendaraan pengiriman milik mereka sendiri. Tidak ada pemindahan tanpa akhir dari satu kendaraan ke kendaraan lain, dan sebagai tambahan, setiap pengiriman dipantau, sehingga menghindari kemungkinan ada barang yang tidak sengaja tertinggal di suatu tempat di sepanjang proses pengirimannya.
Alasan-alasan inilah yang akhir-akhir ini menyebabkan peningkatan permintaan untuk jasa kurir meningkat. Apalagi dengan semakin berkembangnya e-commerce saat, jadi walaupun harganya sedikit lebih tinggi daripada biaya pengiriman menggunakan Pos. Para konsumen lebih suka membayar lebih sedikit untuk mendapatkan layanan dengan kualitas yang lebih baik, waktu pengiriman yang lebih singkat, keamanan transportasi yang lebih baik, cara yang lebih nyaman untuk mengirim dan menerima, dll.
Namun, ketika disampaikan bahwa tarif perusahaan pengiriman sedikit lebih tinggi, jangan berpikir bahwa itu semua tentang jumlah kosmik – tidak ada yang semacam itu. Misalnya, pengangkutan kiriman, seperti paket hingga 1 kg, dari satu titik ke titik lain di negara, tentu saja hal ini tergantung pada apa jarak dari titik A ke titik B, sehingga akan muncul tarif yang sesuai.
Namun, jasa kurir yang terlalu mahal juga dapat diragukan. Hal ini disebabkan meningkatnya upaya penipuan berbagai skema dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, ketika setelah mencari perusahaan kurir dan untuk memastikannya hanya perlu mengetikkan nama perusahaan tertentu di salah satu mesin pencari.
Atau bisa juga menanyakan pada sebuah forum di mana orang lain telah membuat ulasan dan membagikan pendapat dan kesan mereka mengenai perusahaan kurir secara konkret di publik, apakah mereka puas atau tidak.
Kita juga harus tahu bahwa tidak ada perusahaan yang hanya menerima tanggapan positif, pasti ada juga konsumen yang komplen. Karena tidak mungkin setiap orang bisa merasakan puas dengan suatu hal. Namun, ketika kita harus membuat pilihan akhir, maka kita dapat memilih perusahaan dengan ulasan yang baik
Kita juga tidak dapat mengatakan bahwa jasa kurir murah adalah opsi kompromi atau sebuah kriteria yang bisa dijadikan pembanding. Karena harga yang ditawarkan terlalu rendah juga bisa menjadi pertanyaan. Harga terendah yang bisa diterima adalah harga yang diakibatkan oleh meningkatknya persaingan antar perusahaan kurir, yang merupakan persaingan sehat tentunya.