Perkembangan jasa ekspedisi sebanding dengan perkembangan bisnis online. Munculnya toko online yang menawarkan berbagai produk berdampak positif bagi bisnis jasa ekspedisi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, karena lebih banyak barang yang dibeli dan dijual secara online yang harus dikirim ke seluruh penjuru negeri.
Saat ini, jarak bukanlah masalah untuk mengirimkan barang. Lebih banyak layanan jasa ekspedisi menawarkan layanan mereka ke lebih banyak wilayah di seluruh Indonesia – bahkan di daerah terpencil – daripada sebelumnya. Dengan lebih banyak layanan jasa ekspedisi didistribusikan di daerah, lebih banyak orang menggunakan layanan mereka untuk kebutuhan pribadi atau bisnis.
Jasa ekspedisi adalah agen penting dalam distribusi barang. Kesalahan dalam memilih jasa ekspedisi akan menghambat distribusi dan merusak kredibilitas perusahaan, yang secara negatif dapat mempengaruhi reputasi perusahaan dan menyebabkan hilangnya kepercayaan dari pelanggan. Berikut adalah beberapa jenis jasa ekspedisi dan beberapa tips tentang apa yang dapat konsumen lakukan saat memilih layanan jasa ekspedisi:
Transportasi Udara (Ekspress)
Sebagian besar layanan jasa ekspedisi ekspres menggunakan transportasi udara untuk mengangkut barang. Ini karena ukuran dan letak geografis Indonesia, yang menjadikan transportasi udara menjadi pilihan utama dalam layanan jasa ekspedisi ekspres.
Transportasi Darat
Bagi mereka yang tinggal di pulau Jawa dan tidak terburu-buru untuk menerima paket mereka (yaitu layanan satu hari), transportasi darat adalah pilihan yang terbaik. Lebih ekonomis daripada transportasi udara dan infrastruktur di Jawa akan memastikan jasa ekspedisi mencapai tujuannya dalam beberapa hari.
Trasnportasi Laut
Jenis transportasi ini optimal untuk kargo besar. Mereka yang berurusan dengan ritel skala kecil mungkin tidak sering menggunakan layanan ini, karena transportasi laut biasanya digunakan untuk pengiriman besar yang memerlukan wadah atau truk pengiriman.
Dari tiga jenis transportasi, jenis layanan jasa ekspedisi tergantung pada kebutuhan bisnis. Pengusaha yang baik harus cerdas dalam memilih opsi berbasis terbaik berdasarkan prioritas. Berikut adalah beberapa tips tentang cara memilih opsi terbaik di luar sana:
Jaringan yang Luas
Dengan ini sebagai indikator, konsumen dapat menilai perusahaan berdasarkan cakupan layanan. Ini mungkin juga berarti layanan jasa ekspedisi menawarkan tarif pengiriman yang lebih ekonomis.
Layanan Pemantauan
Layanan jasa ekspedisi sekarang bersaing untuk menawarkan layanan terbaik. Salah satu fitur paling populer yang disediakan oleh layanan jasa ekspedisi adalah layanan pemeriksaan status pengiriman. Beberapa layanan jasa ekspedisi sudah menerapkan fitur pelacakan online yang tersedia di situs web mereka. Yang lain masih meminta pelanggan untuk menelepon kantor mereka untuk memperbarui status pengiriman. Pilih layanan jasa ekspedisi dengan pelacakan online karena ini dapat secara signifikan mengurangi biaya tagihan telepon.
Penampilan yang Profesional
Jika konsumen menjalankan bisnis online, layanan jasa ekspedisi yang Konsumen gunakan harus terlihat profesional. Sebelum mengalami layanan ini secara langsung, konsumen dapat menilai profesionalisme mereka dari luar. Sikap dan layanan yang diberikan oleh staf layanan jasa ekspedisi adalah indikator yang baik dari profesionalisme perusahaan.
Mengeketahui Seluk Beluk Area Pengiriman
Setiap layanan jasa ekspedisi memiliki poin kuat dan lemah sendiri ketika datang ke wilayah yang dicakupnya. Misalnya, layanan jasa ekspedisi A mungkin kuat di Jawa Barat dan di Jabodetabek, sedangkan layanan jasa ekspedisi B menyediakan layanan yang konsumenl untuk wilayah Jawa Timur.
Atau, layanan jasa ekspedisi C memiliki jangkauan yang baik di Sumatera, sedangkan layanan jasa ekspedisi D kuat di Kalimantan. Cobalah untuk mengenal masing-masing vendor dan jangan hanya menggunakan satu layanan jasa ekspedisi. Konsumen dapat menghemat banyak biaya pengiriman jika melakukan riset. Konsumen dapat melakukan ini dengan membandingkan dan membedakan setiap layanan jasa ekspedisi dan melakukan pengiriman percobaan.
Perusahaan yang Handal
Konsumen harus memilih layanan jasa ekspedisi yang handal. Layanan jasa ekspedisi dengan rekam jejak yang baik dan dengan koleksi testimonial yang baik dari pelanggan dapat membantu meminimalkan risiko keterlambatan pengiriman.
Perusahaan yang handal biasanya tidak takut memberikan jaminan untuk pengiriman tepat waktu dan akan menjamin keamanan sehingga Konsumen dapat memastikan bahwa barang dikirim tepat waktu dan dalam kondisi baik.
Mudah Dihubungi Ketika Ada Keluhan
Ada terlalu banyak cerita negatif terkait dengan sulitnya menghubungi pusat layanan jasa ekspedisi, dari sinyal yang selalu sibuk hingga tidak ada koneksi sama sekali. Pilih perusahaan yang dapat konsumen hubungi dengan mudah dan mana yang paling mendukung dalam menangani keluhan konsumen.
Nomor Telepon Khusus Pelanggan
Beberapa perusahaan menggunakan sistem nomor pelanggan. Fungsi dari registrasi ini adalah untuk membuat konsumen tetap dalam database dan untuk mempertahankan keterlibatan konsumen dengan perusahaan.
Manfaat memiliki nomor pelanggan tergantung pada promosi dan perjanjian antara konsumen dan perusahaan. Itu bisa dalam bentuk diskon, fasilitas kredit atau layanan penjemputan. Dengan fasilitas ini konsumen dapat meningkatkan efisiensi konsumen itu sendiri.
Bukti pengiriman
Untuk pengirim, disarankan untuk menyimpan tanda terima pengiriman. Kwitansi ini akan berguna untuk klaim apa pun, seperti pengiriman yang terlambat atau barang yang rusak. Tanda terima juga diperlukan untuk memeriksa status pengiriman baik melalui situs web perusahaan atau dengan menghubungi layanan pelanggan secara langsung.