Kita hidup di zaman di mana konsumen tidak sabar dan banyak menuntut. Sebagai pengusaha seseorang harus menemukan cara baru dan inovatif untuk bersaing. Anda jarang dapat bersaing pada harga hari ini dan konsumen memprioritaskan kenyamanan daripada harga, mengirimkan pesanan ke tangan konsumen secepat mungkin telah menjadi target bagi banyak pengusaha.
Apa yang ditunjukkan ini kepada kami adalah bahwa pengusaha menggunakan layanan pengiriman mereka sebagai pembeda kompetitif, apakah itu pengiriman pada hari yang sama, pengiriman hari berikutnya atau pengiriman gratis. Mendapatkan pesanan kepada pelanggan secepat mungkin adalah tujuannya.
Namun ini menciptakan masalah ketika logistik di-outsourcing-kan kepada pihak ketiga. Dengan bekerja dengan jasa ekspedisi atau perusahaan logistik lainnya, yang dilakukan oleh para pengusaha adalah kehilangan kendali atas pengalaman pesanan yang terakhir, dan terkadang paling berkesan, – jarak terakhir.
Seorang pengusaha dapat memiliki situs web terbaik, terbersih, termudah untuk digunakan, dan menjual produk terbaik, paling laris dan dapat diandalkan, ditambah dengan pengiriman hari yang sama. Pengusaha itu telah melakukan segala yang mungkin untuk menawarkan pelanggan pengalaman dan layanan terbaik, dan sekarang percaya jasa ekspedisi untuk melanjutkan layanan tingkat tinggi – atau setidaknya dapat diterima – yang telah disediakan sejauh ini.
Tapi tunggu, konsumen tidak suka membayar untuk pengiriman, dan ketika mereka melakukannya, seringkali harga pengiriman sensitif terhadap harga, jadi opsi apa yang dimiliki pengusaha? Pergi untuk penyedia murah (sering dipertanyakan) dan berharap yang terbaik dan bahwa pelanggan akan menerima menunggu 3 sampai 5 hari untuk paket mereka, atau apakah mereka memastikan layanan (sangat mungkin) dirawat dan membayar biaya tambahan, mungkin menyerap bedanya jika mereka tidak dapat meneruskan biaya ini ke konsumen?
Sementara saya tahu bahwa masalah pasti dapat terjadi dengan perusahaan jasa ekspedisi / logistik, reputasi mendahului dan masalah sering kali berkorelasi dengan biaya.
Berinvestasi dalam jasa ekspedisi yang baik dan bereputasi memastikan pengusaha telah melakukan sebanyak yang diharapkan dari mereka untuk memastikan kelanjutan dari layanan yang berkualitas. Banyak jasa ekspedisi sekarang memperbarui penerima tentang slot pengiriman atau pembaruan keberadaan paket, memastikan konsumen tidak perlu menunggu sepanjang hari untuk jasa ekspedisi tiba.
Melihat jasa ekspedisi sebagai biaya daripada investasi memberi tahu Anda – menurut pendapat saya – bahwa pengusaha tidak menghargai mil terakhir dan siap untuk mempertaruhkan ketidakpuasan pelanggan dengan mengorbankan penghematan biaya.
Jarak terakhir adalah kunci untuk kepuasan pelanggan, dan merupakan bagian yang paling berkesan dari pengalaman. Hanya sedikit orang yang mengingat navigasi situs, checkout satu klik, alamat autocomplete, dll. Tetapi lebih sedikit lagi yang akan melupakan pengalaman buruk dengan pengiriman pesanan mereka.
Terkadang memilih jasa ekspedisi termurah dapat mengakibatkan biaya lebih tinggi – ketika pelanggan menghubungi pengusaha untuk mengejar pengiriman, seseorang tidak hanya menghabiskan waktu untuk menjawab telepon / email, tetapi kemudian harus menghubungi jasa ekspedisi, mungkin mengejar, dan kemudian memperbarui pelanggan. Hitung waktu yang dihabiskan untuk melakukan ini menjadi uang, dan ini merupakan biaya yang mempertanyakan apakah penghematan £ 1 hingga £ 2 per pengiriman dapat dibenarkan.
Pengusaha menyukai pelanggan yang tidak perlu menghubungi mereka – itulah sebabnya situs web memiliki halaman FAQ, pengiriman, dan pengiriman informasi. Sementara kurangnya interaksi pelanggan adalah hal yang besar, tidak, kami dapat menggeser elemen strategi pemasaran ini ke media sosial dan pemasaran email agar tetap manusiawi dan mudah didekati.